4/29/2015

KKP: Indonesia Swasembada Garam Tahun 2016

Surabaya, JMOL – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) optimistis swasembada garam di Indonesia bisa dicapai pada 2016. Optimisme itu berangkat dari besarnya dukungan berbagai pihak di Tanah Air terhadap pemberdayaan dan kesejahteraan petambak garam.
Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau Kecil Kementerian KKP, Sudirman Saad menegaskan untuk mewujudkan swasembada garam diperlukan upaya serius dan saling bersinergi. “KKP melalui program PUGAR yang telah dilakukan sejak tahun 2011 diharapkan dapat meningkatkan produktivitas lahan,” kata Sudirman, dalam Pembukaan Sosialisasi Nasional Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) Tahun 2015, di Surabaya, Selasa (28) malam.
“KKP berkomitmen swasembada garam nasional dapat dicapai. Apalagi, pada 2015 KKP memfasilitasi kurang lebih 10.000 hektare lahan garam rakyat untuk intensifikasi dengan alokasi anggaran besar,” ujarnya.
Sudirman menjelaskan, target besaran produksi garam tahun ini terealisasi sebesar 3,3 juta ton, atau 0,8 juta ton lebih besar dibanding pencapaian tahun 2014, sebesar 2,5 juta ton. Peningkatan tersebut, diharapkan menjadi substitusi terhadap pengurangan importasi garam sebesar 50 persen.
Sejauh ini, menurut dia pemetaan swasembada garam yang telah disusun KKP, telah dialokasikan anggaran yang cukup besar. Anggaran yang begitu besar untuk intensifikasi lahan garam, terutama untuk memenuhi kebutuhan garam industri maupun mempertahankan swasembada garam konsumsi.[AN]

Sumber : Jurnalmaritim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar