3/26/2015

Kiara Desak Pemerintah Maksimalkan Forum Maritim RI-Jepang

Jakarta, JMOL – Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan (Kiara) mendesak pemerintah untuk memaksimalkan Forum Maritim yang dibentuk oleh pemerintahan Republik Indonesia dengan Jepang. Hal itu tak lain untuk membantu mewujudkan konsep Poros Maritim Dunia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.
Sekretaris Jenderal Kiara, Abdul Halim menyatakan bahwa Jepang sangat berkepentingan dalam pembentukan Forum Maritim dengan Indonesia. Sebab, menurut dia, sekitar 70 persen pasokan sumber energi Jepang melewati perairan Indonesia. “(Forum Maritim RI-Jepang) harus dimaksimalkan untuk mendukung visi Poros Maritim Jokowi,” kata Abdul, di Jakarta, Selasa (24/3).
Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Jepang, Senin (23/3), Indonesia dan Jepang sepakat membentuk forum maritim untuk mengembangkan kerja sama keamanan maritim, industri maritim, dan infrastruktur maritim. Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Shinzo Abe sepakat untuk membentuk forum maritim melalui pernyataan bersama kepada media setelah pertemuan bilateral.
Selain kerja sama bidang keamanan maritim, kedua negara sepakat menjalin kerja sama bidang industri maritim dan infrastruktur maritim. Kepada juruwarta, Jokowi menegaskan, pemerintah bertekad mempercepat pembangunan infrastruktur, utamanya yang terkait dengan sektor maritim.
Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan program Poros Maritim Dunia bisa dimulai dengan berbagai kebijakan sektor kelautan dan perikanan guna mengatur stok ikan agar sumber daya dapat berkelanjutan hingga generasi mendatang. “Inilah bentuk poros maritim di bidang perikanan. Kita stop suplai dari pencuri-pencuri ikan yang mengisi industri negara tetangga, kita mengatur dari sini,” kata Susim Selasa (24/2).[AN]

Dikutib : jurnalmaritim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar